Wisata Alam yang Komplit di Sigura-Gura, Sumut

Jika mendengar nama Sigura-Gura di Sumatera Utara, sebagian besar orang akan memikirkan sebuah air terjun cantik setinggi 250 meter atau pun membayangi sebuah konstruksi beton raksasa bentuknya mirip bendungan yang menahan aliran Sungai Asahan dan dipergunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Akan tetapi sebenarnya daerah Sigura-Gura tidak bisa sebatas air terjun cantik ataupun bendungan saja. Tetapi lebih dari itu, daerah sigura-gura memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dan masih tidak tersentuh banyak turis.

Pertama-tama, daerah Sigura-Gura adalah wilayah yang dilewati Dataran tinggi Bukit Barisan. Dataran tinggi Bukit Barisan adalah karangan gunung yang terbentang dari paling ujung utara di Provinsi Aceh sampai dengan ujung bagian selatan di Provinsi Lampung pulau Sumatera. Karangan pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi yaitu Gunung Kerinci yang berada di Jambi. Nah, daerah Sigura-Gura pun merupakan daerah yang dilewati oleh Pegunungan Bukit Barisan. Oleh sebab itu, pemandangan alam daerah Sigura-Gura sangatlah indah dengan bentuk alam berbukit-bukit dan ada juga lembah, tebing batu, jurang, celah pegunungan maupun daerah hutan yang hijau.

Selanjutnya, di daerah Sigura-Gura ada sebuah air terjun cantik yang diberi nama Air Terjun Sigura-Gura. Air Terjun Sigura-Gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian mencapai 250 meter. Aliran air terjunnya mengucur di celah Pegunungan Bukit Barisan dan turun di Sungai Asahan. Kabar buruknya, karena air terjun ini berada di didalam kawasan PLTA, hingga tidak memungkinkan para turis untuk menyaksikan air terjun ini dengan cara dekat dan turis hanya boleh menyaksikan dari gardu pandang yang telah tersedia untuk menyaksikan air terjun ini.

Konstruksi Beton

Berikutnya di daerah Sigura-Gura ini ada sebuah konstruksi beton raksasa bentuknya mirip bendungan, Bendungan Sigura-Gura julukannya. Bendungan ini di bangun pada bulan Mei 1978  dan tuntas pada bulan Desember 1981 yang berguna untuk menjamin tersedianya volume air  dan melimpahnya energi air yang dibutuhkan bagi pembangkit listrik di PLTA Sigura-Gura.

Di belakang bendungan ini tercipta sebuah danau yaitu Danau Bendungan Sigura-Gura yang terbentuknya lantaran pembendungan Sungai Asahan yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Meskipun merupakan danau bikinan, tetapi pemandangan alam danau ini tak kalah indah dengan danau-danau natural lainnya di Sumatera. Danaunya lumayan luas dan airnya pun tidak bergelombang yang berwarna hijau toska. Di sekitar danau ini ada Dataran tinggi Bukit Barisan yang seolah-olah seperti pagar sehingga menambahkan keindahan pemandangan danau ini. Uniknya, danau bendungan ini juga dijelajahi tidak kurang dari lima air terjun yang aliran airnya segera masuk ke kedalam danau. Cantik sekali ini.

Dari beberapa banyak air terjun yang peredaran airnya terjun langsung ke dalam Danau Bendungan Sigura-Gura, cuma ada satu air terjun yang bisa didatangi wisatawan yaitu Air Terjun Simanimbo. Namun air terjun yang lain tidak dapat dikunjungi karena ketiadaan koneksi jalan menuju air terjun tersebut. Air Terjun Simanimbo itupun cukup cantik dan airnya sangat segar. Air terjun ini mempunyai empat level dan pada level yang pertama air terjunnya terpilah menjadi dua aliran hingga terlihat layaknya air terjun kembar.

Berikutnya, di kawasan Sigura-Gura juga ada sebuah air terjun cantik namun tidak diberi nama. Hal ini lantaran air terjun itu belum diberdayakan dan belum banyak turis yang mendatanginya. Padahal air terjunnya lumayan cantik dengan ketinggian sekitar 15 meter dan airnya lumayan jernih sehingga bebatuan di dasar kolam air terjun bisa terlihat. Pada segi air terjun ini juga ada tebing berbatu yang bila dipanjat, saya jamin kita bisa menyaksikan puncak dari air terjun ini.

Tidak hanya itu, di daerah Sigura-Gura masih tetap banyak lagi keindahan-keindahan alam yang tentunya masih perawan akan tetapi belum dieksploitasi oleh para turis. Kemungkingan besar di daerah hutan Sigura-Gura ada banyak air terjun dan telaga-telaga menarik seperti kepingan surga. Siapa yang tahu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.