Apa itu Kekayaan Intelektual

Kekayaan Intelektual Itu Sendiri Merupakan Satu Karya Cipta – Hak kekayaan Intelektual (HAKi)atau sering pula dinamakan dengan kekayaan Intelektual ialah satu ide yang dimiliki oleh seseorang yang sudah dituangkan ke dalam satu benda maupun sesuatu, lalu pastinya dilarang diduplikasikan dengan orang lain tanpa sepengetahuan serta tanpa seizin si empunya ide. Ini yang jadi landasan, kenapa penting sekali untuk menciptakan hak paten, supaya seseorang yang menduplikasikan ide ataupun sesuatu itu tanpa izin bisa digugat.

Hak Kekayaan Intelektual

Dengan terdapatnya perlindungan didalam bidang HAKi ini, menjadikan tiap orang lebih menghormati karya cipta yang sudah dibuat oleh seseorang, serta tidak sembarangan menduplikasi ide itu.

Jenis-jenis HAKi

Lalu apa saja jenis-jenis Hak Kekayaan Intelektual ataupun yang sering dinamakan dengan HAKi ini ! Berikut ini ialah beberapa diantarnya :

Hak Cipta

Hak cipta atau kerap disebut dengan copyright ini merupakan hak dari seorang pencipta untuk membuat salinan dari hasil ciptaannya itu. Si pembuat pastinya mempunyai hak penuh atas salinan atas karya yang dibuat sebelum-sebelumnya. Dengan begitu, si pembuat ini mempunyai hak untuk menyalin ulang ciptaannya, memberikan produk hasil ciptaannya kepada pihak lainnya, mempunyai hak untuk membuat produk derivatid, dan lain-lain. Hak cipta ini bakal berlaku, sehabis produk hasil ciptaannya sudah dibuat.
Hak cipta ini umumnya identik dengan karya cipta, semacam puisi, karya tulis, lukisan, gambar, komposisi musik, dan lain-lain.

Hak Paten

Hak paten merupakan hasil kekayaan Intelektual lain, yang mana hak paten ini tidak sama dengan hak cipta. Di hal cipta, orang lain bisa menjadikan satu karya yang fungsinya mirip dengan karya orang tertentu, yang terpenting dari hal ini tidak dibuat berbasis pada karya orang itu. Namun didalam hak paten, seseorang, dilarang membuat satu karya apapun, yang cara kerjanya sama dengan ide yang sudah dipatenkan sebelum-sebelumnya.

Merk Dagang

Trademark atau nama lainnya merek dagang merupakan satu nama dagang yang dipakai oleh para pengusaha untuk mengidentifikasi produk ataupun jenis layanan yang mereka buat. Yang termasuk di dalam merk dagang ini merupakan nama produk ataupun layanan, logo produk ataupun layanan, simbol, bermacam-macam jenis gambar yang umumnya ada di produk ataupun jenis layanan yang diberi. Merek dagang ini sendiri terdiri dari banyak jenis, misalnya :

  • Merk dagang, umumnya dipakai untuk memperdagangkan produk tertentu yang dipasarkan oleh seseorang, ataupun badan hukum tertentu.
  • Merk jasa, umumnya dipakai untuk memperdagangkan jasa tertentu yang dijajakan oleh seseorang maupun badan hukum tertentu.
  • Merk kolektif, umumnya dipakai untuk memperdagangkan produk ataupun jasa yang sama oleh sejumlah orang ataupun banyak badan hukum tertentu.

Rahasia dagang

Rahasia dagang ataupun trade secret, tidak semacam kekayaan Intelektual lain yang umumnya dipublikasikan pada umum. Hak kekayaan intelektual yang satu ini, sebagaimana namanya tidak dipublikasikan kepada umum. Sebab sifatnya yang rahasia, maka hal seperti ini punya perlindungan khusus, atas UU dengan nomer 30 tahun 2000, yang isinya mengenai rahasia dagang, serta undang-undang ini sendiri berlaku mulai tanggal 20 Desember tahun 2000. Si pemilik rahasia ini, bisa memberi lisensi khusus kepada beberapa orang yang dinilai patut untuk mendapat rahasia semacam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.